Sabtu, 08 Januari 2011

ELRKTRO MAGNETIK

Pada tulisan terdahulu telah dijelaskan tentang medan magnet disekitar kawat berarus yang diteliti oleh Oersted. Penelitian ini menjadi dasar munculnya elektromagnetik.

Apa itu elektromagnetik? Kata mudahnya elektromagentik itu perubahan energi listrik menjadi medan magnet. Jadi dalam bab elektromagnetik ini kita akan diajak untuk mendalami apakah benar listrik bisa menimbulkan medan magnet.

Bab kedua setelah medan magnet disekitar kawat berarus adalah medan magnet pada solenoida (kumparan yang dialiri arus listrik). Pada sub bab solenoida ini anda akan diajak menentukan kutub magnet yang timbul pada solesoida bia dialiri oleh arus listrik. Catatan penting arus listrik yang dimaksud disini adalah arus listrik searah (DC).

Untuk menentukan kutub solenoida, akan digunakan aturan tangan kanan yaitu :

1. Ibu jari menunjukkan arah kutub utara
2. Jari-jari yang lain menunjukkan arah arus listrik pada kawat bagian luar

Agar lebih jelas anda bisa melihat gambar berikut :



Aplikasi konsep elektromagetik ini dapat dilihat pada alat sebagai berikut : Telepon, bel, relai, pengangkat barang bekas dll.

Untuk memperbesar kuat medan magnet pada elektromagnetik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu memperbesar arus listrik, memperbanyak lilitan dan memberi inti besi pada tengah kumparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar